BEAUTIFUL BELITUNG “RAINBOW TROOPS ISLAND”

Belitung, sumatra selatan adalah pulau tersendiri di kepulauan sumatra. pulau laskar pelangi ini memiliki penduduk yang sedikit sekali. disana tidak ada angutan umum, kemana-mana menggunakan kendaraan pribadi seperti motor atau sepeda. pombensin juga sangat sedikit bisa dihitung dengan jari, tapi sangat ramai di pombensin karena banyak yang membutuhkan bensin untuk kapal-kapal.

Perkapalan dibelitung sangat banyak, salah satu tempat parawisata yang sangat diminati karena lautnya yang masih original nanindah. tempat yang paling di minati itu pulau lengkuas. Pulau lengkuas memiliki keindahan bebatuan dengan latar belakang lighthouses atau mercusuar.

Mercusuar putih yang sangat indah dipandang bisa dilihat dari kejauhan. Penduduk mengatakan kalau mercusuar ini dibangun pada jaman belanda untuk dipakai dalam membawa barang ke sumatra.

Pulau pasir juga di rekomendasikan, karena pulau itu muncul ketika laut sedang dangkal. di pulau pasir bisa melina keindahan bintang laut yang melimpah tapi jangan coba-coba untuk di angkat karena bisa merusak biota  atau membuat bintang laut itu mati.

Pengalaman menarik ketika di mercusuar waktu itu ada badai datang. Pada pukul sekitar 2 siang awan hitam semakin mendekat dari kejauhan, kata bapak pemandu cuaca seperti ini biasa terjadi. Beberapa lama kemudian petir menyambar mercusuar dan memantul ke kerumunan kapal yang berada di pinggir pantai diikuti suara menggelegar keras (suara terkeras yang pernah saya dengar).  Satu kapal mengeluar asap bagian pinggir kapal terbakar dan ada satu korban yang terluka dibagian kepala. untungnya gak terlalu parah dan langsung di bawa kembali ke pulau.

Banyak orang-oang yang panik kala itu. Karena cuaca yang semakin parah semua orang yang ada di pulau lengkuas berteduh di tenda warung. Dari tempat berteduh bisa terlihat petir-petir yang menyambar di kejauhan. suasana intens yang menjadi pengalaman menarik dalam perjalanan di belitung.

Keindahan belitung lainnya yang diatas ini yaitu danau kaolin atau juga danau biru. di belitung banyak terdapat danau kaolin. ada danau kaulin di belitung timur dan barat tinggal pilih saja mau kemana. gambar diatas adalah danau kaolin belitung barat. di belakang danau ini ada tempat konstruksi dan pabrik pasir putih. kostruktor di pabrik benar-benar baik, kita di kasih tau tempat bagus buat foto dan di bolehkan foto konstruksinya. Bisa dibilang di sekitar danau ini adalah pabrik pasir putih.

Pada pagi hari pancara matahari membuat warna biru pada danau menjadi lebih terang dari biasanya atau pada golden hour sekitar jam 5 sore perubahan warna danau kaolin jadi lebih terasa indah dipandang. bisa dibilang danau kaolin adalah kawah diengnya Belitung.

Selanjutnya, yang paling menjadi sorotan adalah musium andrea hitara atau musium kata. Tempat unik untuk dikunjungi, bisa di bilang musium seninya belitung. Banyak gambar dan kata-kata menarik didalam sini. Foto-foto film laskar pelangi, sepeda dan kursi sekolahnya dipajang didalamnya. Museum kata ini terletak dipinggi jalan, jika tidak berhati-hati bisa terlewat. Jangankan di bagian dalam, bagian luar museum kata juga bagus buat foto-foto. Lukisan tertera di seluruh dinding pintuk masuk.

Pulau belitung di sebut pulau laskar pelangi karena tempat ini lah cikal bakal laskar pelangi. Tidak jauh dari musium kata ini ada sekolah laskar pelangi tersebut dan juga rumah dewi kuanin.

Belitung is real beauty island…