LEMBAH HARAU, LEMBAH TERINDAH DI SUMATERA

Beberapa bulan yang lalu saya mendapatkan kesempatan berkunjung ke sumatera. Sumatera di ketahui memiliki keindahan alam yang masih terjaga. Pesona alam diperlihatkan di setiap perjalanan. Air terjun di pinggir jalan raya, laut dengan burung-burung yang berterbangan bebas dan lembah-lembar di setiap sudut.

Salah satu lembah terindah di sumatera adalah lembah harau. pertama kali memasuki taman wisata ini kalian akan manjakan dengan keindahan bukit dan lembah besar. Lebah yang memiliki sekitar 500-850 meter dari permukaan laut ini pertama kali di sebut hemel arau dan sekarang disingkat menjadi harau. Lembah harau tidak bisa di naiki dengan berjalan kaki, hanya bisa di naikki dengan alat panjat gunung.

Lembah harau memiliki beberapa tempat indah untuk dikunjungi dan tempat foto lanscape tersendiri. berikut ini tempat yang harus di kunjungi jika pergi ke lembah harau.

  1. Kabin Harau

Saya menyebutnya “Lonely Cabin” karena kabin tersebut berada di tengah sawah dan tidak ada penghuninya. Lokasinya mudah di cari, tinggal mengikuti jalan dan sekitar 200 meter dari lembah tempat makan, kabin ini bisa di lihat. ¬†kabin ini bukan hanya dikelilingi sawah tapi juga kambing sumatera yang mencari makan

 

  1. Puncak Landscape Harau

Puncak landscape berfungsi sebagai tempat melihat keindahan harau dari atas bukit. Dari ketinggian, kita bisa melihat lembah yang menjulang di segala arah dan hijaunya pepohonan yang mengelilingi lembah. Lokasi puncak berada di depan tempat makan lembah, di samping tempat latihan mountain climbing. Untuk bisa ke puncak stamina harus kuat karena jalannya naik tangga ditambah bebatuan terjal disepanjang jalan. Tapi, kalo sudah sampai tujuan tidak akan menyesal sama pemandangannya. Di atas puncak juga di sediakan gardu buat beristirahat sambil melihat pemandangan.

 

  1. Monumen Lembah Harau

Foto ini di ambil dari belakang monumen tulisan Lembah Harau. Karena banyak yang foto-foto di tulisan itu, makannya saya mengambil gambar dari belakang. Adanya sinar matahari membantu foto menjadi lebih hidup.

 

  1. Air terjun

Harau memiliki 5 air terjun yang menjadi satu, sejuknya mata air yang mengalir banyak menarik pengunjung . Air terjun selalu ramai di kunjungi baik penduduk setempat atau juga dari luar daerah. Air terjun ini di perbolehkan untuk berenang bagi yang mau~asal tau aja airnya dingin.

 

  1. Perahu Gadang

Perahu wisata harau untuk mengelilingi lembah. Turis banyak yang tertarik menaiki perahu ini sambil mengambil gambar. Apalagi perahunya memiliki berbagai warna. Sungai yang masih bening ditambah pemandangan lembah disegala arah membuat perjalanan begitu sempurna. Lokasinya didepan rumah gandang.

 

  1. Rumah Gadang

Rumah gadang atau juga rumah tradisi padang yang di temani dengan background perbukitan terlihat memukau pada pagi, siang dan malam. pada pagi hari rumah gadang diselimuti kabut tebal, waktu yang bagus buat mengambil gambar, membuat gambar menjadi misterius. Pada siang hari ketika matahari di atas kepala cahaya memancar dari segala arah dan gambar pun lebih cerah. Nah, yang paling bagus ketika sunset, cahata dari belakang dan warna langit menjadi orange, gambar pun terlihat unik.

 

Photography Tips

  • Karena alam yang menjulang kesegala arah di anjurkan menggunakan lensa lebar 16-35mm, lensa yang paling praktis dibawa kemana-mana.
  • Pertimbangan pertama adalah seberapa jauh objeknya. Jika memotret sunset dan bagian paling dekat dari pemandangan, kamu mungkin bisa menggunakan nilai aperture yang tinggi dari f / 11, misalnya.
  • Jika kamu menggunakan lensa lebar (10-25mm) pada kamera, dan memiliki latar depan di dekat kamera, Anda mungkin mempertimbangkan aperture f / 18. Ini akan memungkinkan dept of field yang solid dan dapat diterima di banyak lensa dengan sudut lebar.