Potret Malam Lailatul Qodr

Hadits yang diriwayatkan oleh Ath Thoyalisi, dari Ibnu Abbas, Rasulullullah SAW bersabda yang artinya, “Lailatul Qadar adalah malam yang penuh kelembutan, cerah, tidak begitu panas, juga tidak begitu dingin, pada pagi hari matahari bersinar lemah dan nampak kemerah-merahan”. Dari hadits tersebut diketahui bahwa pada malam Lailatul Qadar udara dan angin sekitar akan terasa tenang.

Diriwayatkan oleh Muslim, yang berbunyi: dari Abu Hurairah RA berkata, “Kami pernah berdiskusi tentang Lailatul Qadar di sisi Rasulullah SAW, beliau berkata: Siapakah dari kalian yang masih ingat tatkala bulan muncul, yang berukuran separuh nampan.” Dalam hadits tersebut, disebutkan bahwa tanda malam Lailatul Qadar selanjutnya terdapat pada bentuk bulan yang terlihat seperti separuh bulatan.

Di atas adalah hadis tentang malam lailatul qodr. Malam yang lebih baik dari 1000 bulan. Sulit untuk mengetahui kapan malam ini terjadi yang di perlukan adalah keimanan dan terus berusaha mencari. Percaya akan mendapatkan malam yang bercahaya dan terus berdoa.

Potret malam lailatul qodr melalui lensa sangat susah di dapatkan. Banyak yang mencoba melihat perbedaan dari lensa kamera antara malam biasa dan malam lailatul qodr.

“Perbedaaannya mungkin tidak terlihat oleh mata tapi terlihat dari perasaan” begitu yang banyak dikatakan.

keindahan malam lailatul qodr  memang bukan keindahan pandangan tapi keindahan perasaan. Perasaan yang menjadi lebih tenang.

Perasaan yang indah adalah ketika menyadari ketenangan dalam pikiran dan hati.