Sayap Pegasus, Mengejar Mimpi Jangan Takut Jatuh

Sumber Gambar: backyardchickens.com

Apakah kalian tau tentang Pegasus? Ya, makhluk mitologi yang dijadikan kendaraan terbang Hercules. Aku akan membahas sejarah Pegasus itu. apakah kalian tau awalnya Pegasus adalah kuda biasa yang bermimpi untuk bisa terbang?

Alkisah, seekor kuda yang melihat kelompok burung merpati putih terbang bebas diangkasa, terkesima dengan keindahan sayap mereka. Setiap hari Kuda itu menyempatkan diri melihat Merpati putih berterbangan disekitar bukit. Sebuah bisikan dalam hati kecilnya memicu keinginan membara untuk bisa terbang.

Dia pun bertanya kepada merpati putih. “Hey, kawan bisakah kalian mengajarkanku terbang?”

“Jangan bodoh kawan, kau tidak akan bisa terbang, itu mustahil. Kau mahluk berkaki empat tanpa sayap. Pergilah jangan ganggu kami” Si merpati putih yang terlihat bersahabaat ternyata menertawakan dan mengusirnya.

Menjauhlah sang Kuda dari kelompok Merpati yang sudah diperhatikannya berhari-hari. Hatinya sakit mendengar olokkan dan tawa mereka. Apakah dia menyerah? Tidak, sama sekali tidak terbesit di pikirannya untuk menyerah. Mulailah, petualangan besar mengejar mimpi.

Di malam hari, dia menemukan kawanan Kelelawar berterbangan. Kuda tersebut bertanya dengan pertanyaan sama dengan jawaban olok-olok dan tawa yang sama pula. Tidak, sekali lagi dia tidak akan menyerah. Dia terus berjalan menyusuri hutan dan bertemu berbagai macam hewan yang bisa terbang. Menanyakan pertanyaan yang sama dan mendapatkan jawaban yang sama pula.

Hari berubah menjadi minggu, minggu berubah menjadi bulan, bulan berubah menjadi tahun. Saking lamanya, dia mengetahui semua jenis hewan terbang yang ada dalam hutan. Setelah lama berjalan tanpa arah tujuan, diperjalanan dia menemukan seekor Kepompong yang berubah menjadi Kupu-kupu. Sayap indah terurai di punggung Kupu-kupu itu, bercahaya bagai berlian.

Bertanya sang Kuda. “Hey kawan tubuhmu terlihat indah, kau terbang seperti malaikat, maukah kau memberi tau cara terbang?”

 Si Kupu-kupu manatap dengan senyuman terindah “Tidurlah dan minumlah di telaga sana dan kau akan menemukan sendiri sayapmu” jawab kupu-kupu sembari terbang tinggi menghilang di kejauhan.

Sumber Gambar: blogrifaigeost.wordpress.com

Bingung dengan jawaban si Kupu-kupu, kuda pun berjalan menuju telaga. Di sana terlihat mata air indah memantulkan cahaya matahari. Perjalanan jauh ini membuatnya sangat kelelahan.

Tubuhnya mengurus, matanya menghitam karena tidak tidur bertahun-tahun. Dia menyempatkan diri untuk istirahat dan meminum sedikit air dari mata air telaga itu seperti yang disarankan Kupu-kupu.

Di dalam tidurnya, sang Kuda bermimpi tubuhnya bercahaya. Cahaya itu terasa sangat hangat menyejukkan hati. Dia tidak bisa bergerak dan cahaya itu terus membesar. Dia pun menutup mata, membiarkan cahaya itu menelannya. Di buka matanya setelah merasakan sebuah beban ditubuhnya. Lihatlah, sayap putih terbentang.

Semua yang di mimpikannya menjadi kenyataan. Untuk pertama kalinya dia merasakan sebuah kebahagiaan besar. Kebahagiaan dari perjalanan panjang yang sulit. Sebuah hasil dari kerja keras tanpa menyerah. Kuda itu mencoba terbang dengan kepakan sayap baru. Mengelilingi seluruh beluk hutan yang pernah dia lewati. Hewan lain yang mengolok dan mentertawakannya tercengang, tidak percaya apa yang mereka lihat. Dia tidak sombong atau dendam dengan olokkan mereka, dia tetap rendah hati, malah berterima kasih atas olokkan mereka, membuatnya terus maju dan tidak menyerah.

Sumber Gambar: toptenbestin.com

Manusia yang melihat kuda terbang manamainya “Pegasus” yang artinya mata air. Kehidupan tidak akan selalu berjalan sesuai rencana. Kesulitan akan selalu datang, olok-olok dan tawa merendahkan akan terus terjadi dari bibir orang-orang. Bangsa Indonesia menbutuhkan seorang yang tahan akan semua itu.

Generasi muda harus mempersiapkan mental besar di zaman teknologi ini. Ingat jangan pernah menyerah, jangan mudah putus asa, semua akan baik-baik saja bagi orang yang terus berkerja keras.

Belajar dari Pegasus itu, belajar dari sebuah tekad. Harapan selalu ada. Jangan hiraukan mereka yang hanya bisa meremehkan. Terus kejar impian, terus belajar dan kalian akan tau betapa indahnya hasil sebuah kerja keras. Seperti sayap indah sang Pegasus.